Identitas Prodi

1. Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi

 

Kurikulum merupakan sebaran mata kuliah yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa yang berada di Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi. Adapun sebaran mata kuliah yang wajib dipenuhi oleh mahasiswa adalah sebanyak 148 SKS, dimana keseluruhan matakuliah tersebut difokuskan untuk mengisi kebutuhan di masyarakat dan memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi agar siap baik secara teori maupun praktek di lapangan.


2. Staf Pengajar (Dosen)

 

Mutu pendidikan di perguruan tinggi ditentukan oleh beberapa aspek dan salah satunya adalah sumber daya manusia. Komitmen pimpinan dan staf pada mutu perencanaan dan penyelenggaraan program merupakan hal yang sangat menentukan kinerja program studi, oleh karena itu tenaga pengajar (Dosen) prodi Pendidikan Biologi telah menempuh pendidikan dan memiliki gelar/jenjang pendidikan yang linier mulai dari S1 sampai dengan S3 serta memiliki jabatan akademik.


3. Mahasiswa dan Kompetensi Lulusan

 

Kompetensi Utama lulusan prodi Pendidikan Biologi Universitas Galuh adalah :

 

1.

Mampu menguasai konsep-konsep keilmuan tumbuhan beserta implementasi pembelajarannya.

 

2.

Mampu menguasai konsep-konsep keilmuan hewan beserta implementasi pembelajarannya.

 

3.

Mampu menguasai konsep-konsep ilmu terapan hewan dan tumbuhan beserta implementasi pembelajarannya.

 

4.

Mampu menguasai konsep-konsep ilmu kependidikan beserta implementasi pembelajarannya.

 

5.

Mampu mengikuti perkembangan keilmuan pendidikan biologi secara dinamis sesuai dengan perkembangan IPTEKS.


Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Biologi tersebut sesuai dengan Visi Program Studi menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang profesional, adaptif dan berdaya saing tinggi sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pengembangan pendidikan dibidang biologi.

Dengan memiliki kompetensi utama tersebut, lulusan Program Studi Pendidikan Biologi memiliki kemampuan  sebagai berikut :

1.

Mampu memahami ruang lingkup landasan ilmu dan konsep-konsep pendidikan biologi.

2.

Mampu memahami kaitan antar konsep Biologi dan bidang ilmu lainnya.

3.

Mampu memahami implikasi sosial pendidikan Biologi.

4.

Mampu memahami karakteristik peserta didik dan mengimpementasikan dalam proses pembelajaran.

5.

Mampu melakukan penelitian  dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dan pengajaran serta keilmuan yang relevan dengan pendidikan biologi.

6.

Mampu berkarya dengan menerapkan sains biologi sesuai dengan potensi lokal yang ada.


Kompetensi pedagogik

a.

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

b.

Menguasai teori pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

c.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

d.

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif.

e.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

f.

Mampu berkarya dengan menerapkan sains biologi sesuai dengan potensi lokal yang ada.

g.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

h.

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

i.

Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

j.

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


Kompetensi kepribadian

a.

Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.

b.

Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

c.

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

d.

Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

e.

Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.


Kompetensi profesional

a.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b.

Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

c.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

d.

Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

e.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

f.

Berpartisipasi aktif dalam pengembangan keilmuan melalui forum ilmiah.


Kompetensi sosial

a.

Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.

b.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

c.

Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.

d.

Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.


Capaian Pembelajaran

Setiap lulusan Program Studi Pendidikan Biologi Program Sarjana memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut :

1.      Sikap

a.

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

b.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

c.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

d.

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

e.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat dan temuan orisinal orang lain.

f.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

g.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

h.

Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.

i.

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

j.

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

2.      Penguasaan pengetahuan

a.

Menguasai konsep,  prinsip,  dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan  biologi sel dan molekul,  fisiologi,  genetika,  struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah.

b.

Menguasai konsep teoritis pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi melalui proses berpikir ilmiah, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi.

c.

Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media dan evaluasi untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).

d.

Menguasai  filosofi, konsep, prinsip, dan metode penelitian pendidikan biologi dan  menerapkannya dalam kegiatan penelitian pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat.


 4. Proses Belajar Mengajar

Kriteria proses belajar mengajar berhubungan dengan usaha program studi untuk menyediakan pengalaman belajar yang bermutu bagi mahasiswa. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, bereksplorasi, berkreasi, dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber.


5. Sarana dan Prasarana Akademik

Penyelenggaraan pendidikan tinggi yang efektif memerlukan dukungan tersedianya sumber daya pembelajaran yang memacu dinamika berpikir, menunjang pertumbuhan dan perkembangan mahasiswa secara utuh. Mahasiswa Pendidikan Biologi dapat memanfaatkan sarana prasarana yang ada seperti ruang kelas yang refresentatif, GOR yang luas, lapangan outdoor (lapangan Bola basket, bola voli, tenis lapangan) laboratorium Biologi, ruang laboratorium Microteaching, dan perpustakaan.


6. Suasana Akademik

Kurikulum Program Pendidikan biologi telah direncanakan dan disusun dengan maksud untuk mencetak dan mempersiapkan lulusan yang memiliki kemampuan berfikir ilmiah dan termotivasi untuk mengembangkan ilmunya, terbuka terhadap masukan, kritis, patuh pada aturan dan kode etik.



KONTAK

  • https://web.facebook.com/bio.unigal
  • https://www.instagram.com/biologi_unigal/
  • https://www.twitter.com/unigalciamis
  • https://www.youtube.com/unigalciamis

LOKASI UNIGAL

DIKELOLA OLEH

Admin
Pendidikan Biologi

2024 © Pendidikan Biologi