Visi Misi Tujuan

Visi:

 

“Pada Tahun 2030 Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi yang Unggul, Adaptif, dan Berdaya Saing Tinggi”.

 

Unggul: kemampuan program studi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi khusus dan jarang/tidak dimiliki oleh lulusan dari program studi sejenis yang lain. Hal ini dimungkinkan dengan tempuhan mata kuliah pilihan sebanyak 11 sks dari 26 sks yang disediakan.

Adaptif: kemampuan program studi untuk menghasilkan lulusan yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan kebutuhan SDM di dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat.

Berdaya saing: kemampuan program studi untuk menghasilkan lulusan yang mampu memenangkan kompetisi menghadapi persaingan ketat dalam merebut berbagai peluang menggunakan ilmu dan keterampilan yang dimilikinya. 

 

Misi:

 

1.    Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran dengan standar pelayanan maksimal guna menyiapkan tenaga pendidik biologi yang profesional.

2.    Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan biologi.

3.    Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan bidang keilmuan untuk membantu memecahkan permasalahan di masyarakat.

4.    Mengembangkan SDM baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas layanan akademik.

5.    Mengembangkan infrastruktur pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima.

6.    Menjalin kerjasama dengan pihak terkait dalam upaya mengembangkan institusi dan sumber daya manusia yang profesional, berkualitas, dan berdaya saing tinggi dalam bidang pendidikan biologi.

 

 

Tujuan

 

1.    Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik biologi yang profesional dan berdaya saing tinggi serta mampu memenuhi kebutuhan pengguna.

2.    Terlaksananya penelitian bermutu dibidang pembelajaran biologi.

3.    Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan bidang ilmu pendidikan biologi.

4.    Tersedianya SDM baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan untuk meningkatkan layanan yang berkualitas.

5.    Tersedianya infra struktur yang berkualitas untuk mendukung proses pembelajaraan.

6.    Terjalinnya kerjasama dengan berbagai institusi dalam bidang pembelajaran biologi.

 

 

Kompetensi utama lulusan

 

Kompetensi Pedagogik

a.    Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

b.    Menguasai teori pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.

c.    Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

d.    Menyelenggarakan pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif.

e.    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

f.     Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasi-kan berbagai potensi yang dimiliki.

g.    Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

h.    Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

i.      Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

j.      Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

 

Kompetensi Kepribadian

a.    Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.

b.    Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

c.    Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa

d.    Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

e.    Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

Kompetensi Sosial

a.    Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status social ekonomi.

b.    Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

c.    Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman social budaya.

d.    Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Profesional

a.    Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

b.    Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.           

c.    Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.

d.    Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.

e.    Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

f.     Berpartisipasi aktif dalam pengembangan keilmuan melalui forum ilmiah

 

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Biologi terdiri atas :

1.    Mampu menguasai konsep-konsep keilmuan tumbuhan beserta implementasi pembelajarannya

2.    Mampu menguasai konsep-konsep keilmuan hewan beserta implementasi pembelajarannya

3.    Mampu menguasai konsep-konsep ilmu terapan hewan dan tumbuhan beserta implementasi pembelajarannya

4.    Mampu menguasai konsep-konsep ilmu kependidikan beserta implementasi pembelajarannya.

5.    Mampu mengikuti perkembangan keilmuan pendidikan biologi secara dinamis sesuai dengan perkembangan IPTEKS

Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Biologi tersebut sesuai dengan Visi Program Studi menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang profesional, adaptif dan berdaya saing tinggi sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pengembangan pendidikan dibidang biologi.

Dengan memiliki kompetensi utama tersebut, lulusan Program Studi Pendidikan Biologi memiliki kemampuan  sebagai berikut :

1.    Mampu memahami ruang lingkup landasan ilmu dan konsep-konsep pendidikan biologi.

2.    Mampu memahami kaitan antar konsep Biologi dan bidang ilmu lainnya.

3.    Mampu memahami implikasi sosial pendidikan Biologi.

4.    Mampu memahami karakteristik peserta didik dan mengimpementasikan dalam proses pembelajaran.

5.    Mampu melakukan penelitian  dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dan pengajaran serta keilmuan yang relevan dengan pendidikan biologi.

6.    Mampu berkarya dengan menerapkan sains biologi sesuai dengan potensi lokal yang ada.

 

 

 

 

 

 

 

 

Capaian Pembelajaran:

 

SETIAP LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

PROGRAM SARJANA

MEMILIKI CAPAIAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BERIKUT:

1.      SIKAP

a.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila

d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

e.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat dan temuan orisinal orang lain.

f.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

h.      Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

i.        Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

j.        Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

2.      PENGUASAAN PENGETAHUAN

a.       Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta terapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi di sekolah

b.      Menguasai konsep teoritis pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi melalui proses berpikir ilmiah, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi

c.       Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media dan evaluasi untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)

d.      Menguasai  filosofi, konsep, prinsip, dan metode penelitian pendidikan biologi dan menerapkannya dalam kegiatan penelitian pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat

 



KONTAK

  • https://www.facebook.com/unigalciamis/
  • https://www.instagram.com/unigalciamis
  • https://www.twitter.com/unigalciamis
  • https://www.youtube.com/unigalciamis

LOKASI UNIGAL

DIKELOLA OLEH

Admin
Pendidikan Biologi

2021 © Pendidikan Biologi